Teknologi grafis

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

 

Berkembangnya teknologi grafis dalam media promosi, membuat permintaan akan cara penjajian baik melalui media komputer seperti aplikasi design grafis untuk media promosi sangat di minati. Hal tersebut dapat dilihat dari promosi iklan yang semarak menggunakan teknologi grafik untuk mempromosikan atau menarik perhatian bagi siapa saja yang melihat. Dalam pengaplikasian teknologi grafis ini memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah pengerjaan yang susah dan memakan waktu lama. Dengan menggunakan teknologi grafis memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau tipografi seketika tanpa sketsa manual atau pena. Seorang perancang akan menuangkan visualisasinya untuk mengeksplorasi ide-ide dalam mempromosikan bentuk dan memilih alat untuk menyelesaikan teknik tersebit meggunakan komputer.

  1. Rumusan Masalah

 

Pada makalah ini terdapat rumusah masalah yaitu:

  1. Apa itu teknologi grafis !
  2. Apa itu media promosi !
  3. Fungsi dan penggunaan teknologi grafis dalam media promosi!
  1. Tujuan Masalah

 

Adapun tujuan dalam pembuatan makalah ini yaitu:

  • Agar Mahasiswa ataupun pembaca memahami apa itu teknologi grafis dan juga dalam media promosi. Serta dapat menjelaskan fungsi-fungsi dan penggunaan teknologi grafis apa saja dalam mdedia promosi.

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. PengertianTeknologi Grafis

 

Teknologi grafis merupakan suatu alat dimana suatu seni dan teknologi dapat saling berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis tersebut mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.

Perkembangan teknologi dalam peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi grafika dan informasi. Pada prinsipnya teknologi ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu. Sejak jaman prasejarah, cara manusia menyampaikan pesan/informasi melalui berkomunikasi dalam hal perkembangan teknologi terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya ditemukan teknologi-teknologi yang sebagian besarnya sudah usang dan sebagiannya lagi masih terus di pakai bahkan terus di teliti dan di kembangkan agar semakin maju.

Grafika komputer (computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini. Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafika komputer 3D. Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam bidang sains dan teknologi memerlukan peralatan yang mahal, namun perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan dalam penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:

Antarmuka pengguna (Graphical User Interface- GUI)

  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek(Komputer Aided Design-CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi
  1. Pengertian Media Promosi

 

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

 

  1. Tujuan promosi

 

Tujuan promosi di antaranya adalah:

  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potencial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  7. Mengubah tinggah laku dan pendapat konsumen
  1. Cara promosi

Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:

  1. Melalui e-mail
  2. Melalui sms
  3. Melalui pembicaraan
  4. Melalui iklan
  5. Media sosial
  6. Dll

Contoh promosi antara lain:

  1. Pasang iklan di tv mengenai produk baru perusahaan X
  2. Kirim 5 sms, dapat 10 sms gratis ke semua operator
  3. Beli kaos kaku seharga Rp. 30.000,00 dapat 2 kaos kaki gratis
  4. Diskon 50% bagi produk tertentu di Department Store
  5. Beli coklat malam hari dapat segelas the gratis
  6. Pembuatan animasi visual dengan warna-warna yang menarik

Media Promosi

Media promosi adalah sarana mengomunikasikan suatu produk atau jasa atau brand atau perusahaan dan lainnya agar dapat dikenal masyarakat lebih luas.

Media promosi yang paling tua adalah dari mulut ke mulut, dilanjutkan dengan media promosi konvensional berupa: brosur, poster, katalog,pamfletbooklet, spanduk, billboardbannerflyer, reklame, kartu nama, iklan TV, radio, media cetak (koran/ majalah) dan sebagainya.

Media promosi tersebut berkembang dengan maraknya promosi ranah digital seperti promosi melalui jejaring sosial di Facebook dan Twitter. Namun, tidak satu pun media yang benar-benar dikategorikan mutlak dari segi ketepatan dan efektivitas. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Maka, dalam memanfaatkan media promosi secara maksimal, dibutuhkan kemampuan menciptakan kreasi baru dan unik agar pesan-pesan dapat melekat pada konsumen, sehingga tujuan menjangkau lebih banyak konsumen dan memaksimalkan profit perusahaan dapat tercapai.

Tanpa disadari, semakin berkembangnya media promosi, ada cara lain yang lebih unik, berbeda, dan mungkin belum diketahui banyak orang, seperti:Sensory BrandingAmbient Art, dan Flash Mob.

Berikut akan dibahas satu persatu secara garis besarnya. Sensory Brandingyang melibatkan panca-indera manusia seperti mata-penglihatan, hidung-penciuman, telinga-pendengaran, kulit-perasa, dan mulut-pengecap untuk memancing persepsi konsumen terhadap suatu produk/brand tertentu.

Misalnya: Roti Boy, saat kita melewati gerainya, tercium lah aroma yang enak dan khas membuat kita membayangkan bentuk dan rasa dari Roti Boy tersebut tanpa harus melihat gerai itu sendiri. Contoh lain adalah alunan musik penjual es krim dengan lagu khas dari Walls.

Ambient Art adalah penyajian informasi dengan teknik artistik yang juga mengandung pesan tersembunyi, di mana paparan dari waktu ke waktu memungkinkan pengunjung untuk memahami sesuatu tentang sumber-sumber informasi yang mewakili.

Contohnya adalah gambar kentang McDonalds yang dilukis di jalanan aspal yang dilalui banyak orang, tetapi ukiran kentang yang berbentuk garis lurus itu dijadikan zebra cross. Penggunaan seni ambient art ini memancing orang-orang yang melewati zebra cross itu memikirkan McDonalds.

Flash Mob dapat diartikan sebagai sekelompok orang yang berkumpul pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan untuk melakukan suatu hal bersamaan secara spontan.

Jadi, dalam media promosi diatas memiliki karakter yang berbeda dengan tujuan yang sama yaitu mempromosikan atau mengiklankan. Dimana kita harus jeli dan pandai mengamati kebiasaan dari target pasar kita agar dapat memilih media yang tepat untuk memastikan agar kita tidak membuang-buang biayaya denga percuma.

  1. Fungsi dan penggunaan teknologi grafis dalam media promosi!

Fungsi penggunaan Teknologi grafis dalam media Promosi ialah

  1. Mengatur tampilan semenarik dan serapih mungkin, agar mudah mengatur tampilan promosi yang ada
  2. Sebagai wadah atau tempat untuk mewujudkan seni yang ada
  3. Digunakan sebagai Komunikasi Visual antar manusia

Mengatur tampilan semenarik dan serapih mungkin, agar mudah mengatur tampilan promosi yang ada, bertujuan sebagai penghubung antara Desainer terhadap Promosi yang ia gunakan. Sang desainer atau promoter menggunakan Teknologi grafis untuk menarik minat para pembeli serta mengatur kembali Langkah Awal tujuan Promosi yang ia lakukan

Sebagai wadah atau tempat untuk mewujudkan seni yang ada. Sang Desainer bisa menempatkan Media promosi untuk mewujudkan karyanya dalam mendesain, seperti contoh gambar kentang McDonalds yang dilukis di jalanan aspal yang dilalui banyak orang, tetapi ukiran kentang yang berbentuk garis lurus itu dijadikan zebra cross.

Digunakan sebagai Komunikasi Visual antar manusia. Media promosi tidak terbatas dalam Hal Jual Beli, namun ia bisa digunakan untuk  Pameran, dan acara-acara tertentu. Seperti Pemilu, FlashMob, Gathering, dan lain lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s