Intial State:

Battle Snake merupakan permainan yang menggunakan kecerdasaan buatan (AI). Dimana player dituntut untuk mengalahkan ular AI yang telah di buat. Kita harus menentukan jalan tercepat untuk bisa mengalahkanAI, jika kita salah jalan, maka kita akan kalah melawan AI.

Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat program Battle Snake adalah pembuatan area permainannya. Di sini penulis menggunakan objek lingkaran dan kotak yang berukuran 10x10pixel sebagai pengganti “ular”. Pada game ini akan menampilkan 2 ekor ular didalam sebua area berdinding. Game ini akan mengasah otak pemainnya karena membutuhkan ketelitian dan ketangkasan. Pemain dipaksa untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan game ini. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain, sedangkan Komputer bertindak sebagai lawan dari pemain.

Berikut ini merupakan rancangan tampilan pada permainan Battle Snake yang saya buat.

Tampilan Awal:

aa

Tampilan saat memilih menu About:

ab

Tampilan Saat memilih menu Help:

ac

Tampilan Saat memilih modepermainan:

aa

Tampilan saat bermain:

ah

RULES

Aturan main (Rules) yang digunakan pada games Battle Snake Strawberry Prolog  ini adalah sebagai berikut :

  1. Single Player
    1. User berperan sebagai pengendali karakter lingkaran yang bergerak sebagai ular.
    2. User mengendalikan ular kearah makan ditandai lingkaran merah yang muncul secara acak.
    3. User mengendalikan ular agar tidak menabrak dinding area permainan
    4. User dapat menembus dinding di bagian kosong setiap dindingnya.
    5. Setiap level memiliki kecepatan yang berbeda dan user harus mengambil makanan dalam jumlah yang berbeda untuk dapat melanjutkan ke level berikutnya.
    6. User diberi 3 kesempatan untuk menyelesaikan semua level permainan.
  2. Versus AI
    1. User berperan sebagai pengendali karakter lingkaran yang bergerak sebagai ular.
    2. User mengendalikan ular kearah makan ditandai lingkaran merah yang muncul secara acak.
    3. User mengendalikan ular agar tidak menabrak dinding area permainan
    4. User dapat menembus dinding di bagian kosong setiap dindingnya.
    5. User harus lebih dahulu mengambil makanan yang ada melawan ular ai.
    6. Setiap level memiliki jumlah makanan yang berbeda untuk dapat menyelesaikan level tersebut.
    7. User diberi 3 kesempatan untuk mengalahkan AI.

GOALS

           

Goal (tujuan) untuk menyelesaikan games Battle Snake ini adalah menyelesaikan setiap level sebelum didahului AI.

Tampilan saat player menang:

 

 

Tampilan saat player kalah.

 

Pada tampilan pertama, player dinyatakan telah menang, karena player lebih dahulu menyelesaikan tantangan level sebelum AI. Sedangkan pada tampilan kedua palyer dinyatakan kalah karena AI lebih dahulu menyelesaikan permainan.

KONSEP AI

Konsep permainan yang di pakai dalam permainan ini adalah (baik user ataupun AI) bersaing dalam mengambil makanan yang muncul secara acak. AI diberi kecerdasan untuk mengambil jalan tercepat menuju makanan yang muncul sebelum didahului oleh player.

ALGORITMA YANG DI PAKAI.

Berikut ini adalah algoritma yang dipakai dalam permainan ini :

  1. Menggerakan ular player kearah kanan
  2. Merubah arah gerakan ular sesuai arrow keyboard yang ditekan
  3. Mengerakan ular AI ke kordinat munculnya makanan
  4. Menghitung makanan yang sudah di ambil player
  5. Menghitung makanan yang sudah di ambil AI
  6. Memunculkan kembali makanan secara acak
  7. Jika player menabrak dinding nyawa akan berkurang
  8. Jika player melewati dinding kosong, maka akan muncul di sisi sebaliknya
  9. Jika player lebih dahulu mengambil makanan sebanyak yang diatur level, maka player menang
  10. Jika AI lebih dahulu mengambil makanan sebanyak yang diatur level, maka player kalah/

Dalam Game Battle Snake ini menggunakan Algoritma A Star (A*)yang merupakan algoritma pencarian jalur terpendek terbaik menuju tujuan. Algoritma ini sangat cocok karena algoritma ini mendukung perhitungan untuk mencari jalan terpendek menuju makanan sementara menghindari bertabrakan dengan dinding atau bagian tubuhnya atau membuat dirinya sendiri terkurung. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s