NEW MEDIA & ADVERTISING

Nama Kelompok : – AMBAR PUSPITASARI AZMI

                              – SITI ASYIAH
                              – SYAFRO AFNI

                              – SYAHAL-PARUQ

PENGERTIAN NEW MEDIA

            Media baru adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.

            Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

 

PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA

Bagi kami kemunculan media-media baru seperti tablet, smartphone, notebook, ultrabook dan lainnya yang sering kita gunakan itu sangat membantu dalam kegiatan kita, selain itu kecanggihan mereka bisa mempermudah urusan manusia. Dalam hal mendapatkan informasi internasional saja, sudah sangat mudah didapat, hanya dengan memiliki koneksi internet kita bisa menjelajah ke situs-situs lokal maupun mancanegara, begitu juga kemudahan lainnya. Untuk satu contoh saja tiap waktunya terus berkembang entah itu model, kecepatannya, fitur-fitur barunya.

MANFAAT DARI NEW MEDIA

 

Manfaat new media di bidang pendidikan

Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.

 

Manfaat new media di bidang industri

Hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer. Dalam sejumlah kasus biro iklan juga telah membentuk divisi baru untuk mempelajari New Media. PR perusahaan juga mengambil keuntungan dari kesempatan di New Media melalui praktik PR interaktif. Interaktif PR praktik termasuk penggunaan media sosial [33] untuk menjangkau khalayak massa pengguna online jaringan sosial.

 

Manfaat new media di bidang social

New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara. Selain itu untuk halnya berdagang, bila kita membuka toko online atau membuat iklan di situs-situs penjualan, itu mempermudah kita sebagai penjual juga sang pembeli.

 

KEKURANGAN NEW MEDIA

Menurut kami selain new media memiliki kebaikan di berbagai bidang, new media juga memiliki beberapa kekurangan, seperti halnya anak-anak yang sudah kecanduan game mereka kurang bersosialisasi dengan temannya, banyak kejahatan dalam dunia maya, seperti pembobolan dokumen pribadi, rekening dan lainnya. Juga dalam kehakciptaan yang dimana lagu, tulisan dapat tersebar luas di internet dapat di copy paste tanpa ada timbal balik bagi si penulis juga download gratis lagu-lagu musisi.

ADVERTISING

Advertising adalah Periklanan yang mengekspresikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan dan warna yang penuh seni. Advertising adalah medium yang berdaya sebar luas yang memung­kinkan penjual mengulang pesan berkali-kali. 

Advertising harus mampu menjawab empat pertanyaan dalam lima tahap penyusunan rencananya, yaitu:

·         Apa yang sebenarnya hendak dicapai? Adakah tujuan sesungguhnya dari iklan itu untuk mencapai target penjualan tertentu.

·         Kapan tujuan tersebut akan dicapai? Berapa lama?

·         Apa strategi yang paling cocok untuk mencapai tujuan tersebut?

·         Taktik apa yang paling tepat untuk melaksanakannya? Apa gagasan kreatifnya.

Dalam melakukan periklanan / promosi diketahui ada beberapa karakteristik didalamnya, yakni:

  • Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
  • Nonpersonal komunikasi.
  • Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
  • Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
  • Bersifat mempersuasi khalayak.
  • Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.

–      Tujuan utama dari kegiatan periklanan adalah:

  1. Menyadarkan komunikan dan memberi informasi tentang suatu barang, Jasa atau ide.
  2. Menimbulkan dalam diri komunikan suatu peran suka akan barang, jasa ataupun ide yang disajikan, dengan memberikan preferensi kepadanya.
  3. Menyakinkan komunikan akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkannya untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan. 
  4.  
  5. Untuk itu kita akan mencontohkan sebuah advertising dimana kelompok kita akan membuat sebuah iklan penjualan gelang handmade. Pada postingan ini kita akan menguraikan produk ini, untuk postingan selanjutnya baru brosur yang kita buat untuk mempromosikannya, dan postingan terakhir akan memuat iklan dari produk tersebut.    

 

GELANG HENDMADE

Gambar

 

gelang dari bahan kulit, untuk bahan ini bisa memesan kata apa yang akan dicetak.

Gambar

 

gelang dari bahan karet, bisa memilih warna yang tersedia.

 

 

  1. Selain dari dua jenis gelang diatas, terdapat pula gelang dari manik atau pin dimana kita bisa memilih bentuk dan warna. Bisa sebagai gelang pasangan yang tertulis tanggal jadian atau nama pasangan, cocok juga sebagai gelang persahabatan.
  2.  

REFERENSI:

                                                       

http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/17-tmb-umb/2078-lalongkoe-ramses

http://sondis.blogspot.com/2013/03/pengertian-advertising.html

http://www.diwarta.com/pengertian-periklanan-promosi-advertising/

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s