Kebudayaan

1.   Mengapa manusia dikatakan sebagai makhluk berbudaya?

Manusia dikatakan sebagai makhluk berbudaya, karena manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan anugerah yang terindah yaitu dengan diberikan akal pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini. Akal dan pikiran itulah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya misalnya, hewan. Selain itu, manusia juga memiliki akal, intelegensi, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku. Dengan semua kemampuan yang dimiliki manusia itu maka manusia mampu menciptakan kebudayaan. Karena, dengan berbudaya manusia berusaha mencukupi kebutuhan hidupnya.

Ciri-ciri Makluk Budaya

Manusia dikatakan sebagai makhluk berbudaya karena manusia memiliki dua kekayaan yang paling utama yaitu akal dan budi. Dengan akal dan budinya manusia mampu mencipta, merasa, dan berkarsa. Manusia mampu mencipta benda-benda baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Hal ini dibuktikan dengan adanya  4 wujud yang dihasilkan oleh manusia yaitu:

a.  Ide/ gagasan

Ide atau gagasan adalah sesuatu yang muncul dalam otak manusia  dengan cara berpikir. Manusia yang mempunyai akal pasti ia berpikir tentang segala sesuatu yang  ia temukan dan tidak ia pahami. Ide atau gagasan ini sifatnya abstrak, tidak dapat dilihat oleh mata, karena tempatnya ada adalam pikiran manusia.

b.  Aktivitas

Setelah manusia itu berpikir, maka akan timbul gagasan untuk melakukan sesuatu. Ini adalah yang dinamakan dengan aktivitas.  Jadi pada dasarnya manusia melakukan segala sesuatunya itu didasari ole idea tau gagasan yang muncul pada otaknya.

c. Hasil karya

Hasil karya adalah wujud nyata dari sebuah ide dan aktivitas seorang manusia.  Ketika seseorang mulai berpikir, ia implementasikan pikirannya kepada sebuah aktivitas atau tindakan, dalam proses tindakan itu ia menghasilkan sebuah produk atau yang dinamakan hasil karya. Hasil karya ini bersifat nyata, dapat dilihat, diraba, dan didokumentasikan.

d.  Nilai dan norma

Nilai dan norma ini dihasilkan dan berada dalam otak manusia. Sifatnya abstrak.  Berfungsi untuk mengatur ide, tindakan, dan hasil karya yang kita buat.

2.  Manakah yang benar kebudayaan adalah produk manusia atau manusia adalah produk kebudayaan. Jelaskan!Kebudayaan adalah produk manusia karena manusia adalah pencipta kebudayaan. Karena, awal terjadinya yaitu manusia menciptakan budaya dengan sadar ataupun tidak sadar dari aktivitas yang manusia lakukan dan dari kebiasaan yang cenderung terus menerus itulah terciptanya suatu budaya.

Kesimpulanya, kebudayaan adalah produk manusia yang nantinya manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya, budaya yang sudah terbentuk itu sendiri akan membentuk manusia-manusia yang tidak berbudaya atau belum berbudaya menjadi manusia yang berbudaya.

3.    Masalah apa yang dihadapi pada kasus pewarisan kebudayaan ?

Permasalahan yang muncul oleh adanya pewarisan budaya yaitu :

–       Sesuai tidaknya dinamika tersebut dengan keadaan masyarakat yang sekarang

–       Penolakan generasi penerima terhadap budaya tersebut

–       Munculnya budaya baru yang tidak sesuai dengan budaya yang diwariskan.

4. Globalilasi berdampak positif atau negative terhadap bangsa Indonesia ?

Dampak negatif modernisasi dan globalisasi adalah sebagai berikut.

a. Pola Hidup Konsumtif

Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.

b. Sikap Individualistik

Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.

c. Gaya Hidup Kebarat-baratan

Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.

d. Kesenjangan Sosial

Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

5. Menurut Anda Indonesia tidak bisa menutupin diri dari peradaban barat, atau Indonesia harus menutupin diri terhadap perngaruh dari peradaban barat?

Indonesia tidak bisa menutupin diri dari peradaban barat,

Karena Indonesia sukanya mengkutin ke arah kebarat-baratan, seharusnya Indonesia bangga dengan kebudayaan yang dimiliki oleh kita sendiri, ya itu kentalnya budaya timur dan harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari,

Contohnya :

Mau pamit, cium tangan dan mengucapkan salam

Tidak gaya orang barat, cupika cupiki, dan peradaban barat sangatlah berbeda dengan budaya timur

 

refrensi :

http://hariniarin.blogspot.com/2012/10/manusia-sebagai-makhluk-berbudaya.html

http://bahtiargurtopal.blogspot.com/p/tugas-mandiri.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s